SILABUS
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran : Pendidikan Agama Islam
Kelas : XI (sebelas)
Kompetensi Inti :
(K1) : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
(K2) : Mengembangkan perilaku (jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, santun, ramah
lingkungan, gotong royong, kerjasama, cinta damai, responsif dan pro- aktif) dan
menunjukan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan bangsa
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
(K3) : Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dalam
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan
kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang
spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
(K4) : Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai keimanan kepada Malaikat-malaikat Allah SWT.
|
|||||
1.2 Berpegang teguh kepada Al-Qur’an, Hadits dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
|
|||||
1.3 Meyakini
kebenaran hukum Islam
|
|||||
1.4 Berpakaian
sesuai dengan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dalam kehidupan sehari-hari sebagai implemantasi dari
pemahaman Q.S. Al-Maidah (5): 8, Q.S. At-Taubah (9): 119 dan hadits terkait.
|
|||||
2.2 Menunjukkan
perilaku hormat dan patuh kepada orang tua dan guru sebagai implementasi dari
pemahaman Q.S. Al-Isra (17): 23 dan hadits terkait
|
|||||
2.3 Menunjukkan perilaku kontrol
diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan
(ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits
terkait
|
|||||
2.4
Menunjukkan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan
bebas dan perbuatan zina sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
|
|||||
2.5
Menunjukkan sikap semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi dari pemahaman Q.S.
At-Taubah (9): 122 dan hadits terkait
|
|||||
2.6
Menunjukkan sikap keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakkal dan perilaku adil sebagai implementasi dari
pemahaman Asmaul Husna (al-Kariim, al-
Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin,
al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
|||||
2.7 Menunjukkan sikap tangguh dan
semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari pemahaman strategi
dakwah Rasulullah
SAW di Mekah
|
|||||
2.8
Menunjukkan sikap semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah
|
|||||
3.1 Menganalisis Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat
(49) : 12; dan QS Al-Hujurat (49) : 10; serta hadits tentang kontrol diri
(mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah).
3.2 Memahami manfaat dan hikmah
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan) dan
persaudaraan (ukhuwah), dan menerapkannya dalam kehidupan.
4.1.1 Membaca Q.S. Al-Anfal (8) :
72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan Q.S. Al-Hujurat (49) : 10 sesuai dengan
kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.1.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S.
Al-Hujurat (49) : 12; QS Al-Hujurat (49) : 10, dengan lancar.
|
1.
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits
terkait perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
|
·
Mengamati
-
Menyimak bacaan, membaca,
mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat
(49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka
baik (husnuzzhan) dan persaudaraan (ukhuwah) melalui tayangan video atau
media lainnya.
·
Menanya
-
Menanyakan cara membaca Q.S.
Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10,
-
Mengajukan pertanyaan terkait hukum tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Anfal (8) : 72); Q.S. Al-Hujurat (49) : 12; dan
Q.S. Al-Hujurat (49) : 10, serta hadits terkait.
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Mendiskusikan cara membaca Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 sesuai dengan hukum bacaan tajwid;
-
Menterjemahkan Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Menganalisis asbabun
nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12;
dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta
hadits terkait.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan dari
kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S.
Al-Hujurat (49):10 serta hadits
terkait.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mendemonstrasikan bacaan
(hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang
Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits
terkait secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Anfal (8):
72; Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta hadits terkait
dengan cara mengisi lis (lembar tugas
hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi (hukum bacaan, kandungan ayat),
manfaat dan hikmah perilaku
kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik
(husnuzhan), dan persaudaraan (ukhuwah)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzhan), dan
persaudaraan (ukhuwah)
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadits terkait;
-
Membuat
paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Anfal
(8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10;
-
Membuat laporan perkembangan
hafalan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Anfal (8):
72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S. Al-Hujurat (49):10 serta
mengidentifikasi hukum bacaan tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Al-Anfal (8): 72; Q.S. Al-Hujurat (49): 12 dan 10 serta hadis
terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Anfal (8): 72); Q.S. Al-Hujurat (49):12; dan Q.S.
Al-Hujurat (49):10 serta hadits
terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran
dan Al-Hadits
· Buku
tajwid
· Kitab
tafsir Al-Qur’an
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.3
Menganalisis Q.S.
Al-Isra’ (17) : 32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2, serta hadits tentang larangan
pergaulan bebas dan perbuatan zina.
3.4
Memahami manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas
dan perbuatan zina.
4.2.1 Membaca Q.S. Al-Isra’ (17) :
32, dan Q.S. An-Nur (24) : 2 sesuai dengan kaidah tajwid dan makhrajul huruf.
4.2.2
Mendemonstrasikan hafalan Q.S. Al-Isra’ (17) : 32, dan
Q.S. An-Nur (24) : 2 dengan lancar.
|
2.
Perilaku
menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan perbuatan zina.
|
·
Mengamati
- Menyimak
bacaan, mengidentifikasi hukum bacaan (tajwid), dan mencermati kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait.
-
Mencermati manfaat dan hikmah larangan pergaulan bebas dan perbuatan
zina melalui tayangan video atau media lainnya.
·
Menanya
·
Menanyakan cara membaca hukum
tajwid, asbabun nuzul, dan isi kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
Mendiskusikan
cara membaca sesuai dengan tajwid,
menganalisis asbabun nuzul/wurud dan kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan dari kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
·
Mengkomunikasikan:
Mendemonstrasikan
bacaan (hafalan), menyampaikan hasil diskusi tentang Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait
secara individu maupun kelompok
|
·
Tugas
-
Menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait dengan cara
mengisi lis (lembar tugas hafalan).
·
Observasi
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi (kandungan ayat dan hukum bacaan)
§ sikap yang ditunjukkan peserta didik terkait
dengan perilaku menghindarkan diri dari pergaulan bebas dan
perbuatan zina.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang kandungan Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2,
serta hadits terkait;
-
Membuat
paparan analisis dan identifikasi hukum bacaan yang ada pada Q.S. Al-Isra’
(17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2;
-
Membuat laporan perkembangan
hafalan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes tulis
-
Menyalin Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta mengidentifikasi hukum bacaan
tajwidnya;
-
Menjawab soal-soal tentang isi
kandungan Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait.
·
Tes lisan
Membaca dan
menghafal Q.S. Al-Isra’ (17): 32, dan Q.S. An-Nur (24): 2, serta hadits terkait serta hadits terkait
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran
dan Al-Hadits
· Buku
tajwid
· Kitab
tafsir Al-Qur’an
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.5 Memahami makna Asmaul Husna:
(al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan
al-Akhiir).
4.3 Berperilaku yang mencontohkan
keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil
sebagai implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3.
Iman kepada Allah SWT (Asmaul Husn: al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
·
Mengamati:
- Mencermati
bacaan teks tentang Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’,
al-‘Adl, dan al-Akhiir)
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya) :
-
Mengapa Allah memiliki nama
yang begitu banyak?
-
Apa yang harus dilakukan oleh
umat Islam terkait nama-nama Allah yang indah itu?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan
makna dan contoh perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai
implementasi dari pemahaman makna Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min,
al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
- Guru
mengamati perilaku keluhuran budi, kokoh
pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil melalui lembar
pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan materi di atas.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang materi di atas.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku
adil).
·
Observasi
- Mengamati
teman sejawat tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil di lingkungan
sekolah, rumah maupun masyarakat melalui lembar pengamatan.
- Mengamati pelaksanaan diskusi dengan menggunakan
lembar observasi yang memuat:
§ isi diskusi
§ sikap yg ditunjukkan saat pelaksanaan diskusi dan
kerja kelompok
·
Portofolio
-
Membuat
paparan analisis dari hasil observasi
tentang perilaku keluhuran budi,
kokoh pendirian, pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang Asmaul Husna (al-Kariim,
al-Mu’min, al-Wakiil, al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
·
Tes lisan
-
Menjelaskan hasil pengamatan
tentang perilaku keluhuran budi, kokoh pendirian,
pemberi rasa aman, tawakal dan perilaku adil sebagai implemantasi dari Asmaul Husna (al-Kariim, al-Mu’min, al-Wakiil,
al-Matiin, al-Jaami’, al-‘Adl, dan al-Akhiir)
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.6 Memahami
makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
4.4 Berperilaku
yang mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT
|
4.
Iman kepada Malaikat
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang makna dan contoh perilaku beriman kepada
malaikat-malaikat Allah SWT
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus
agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa kita harus beriman kepada malaikat?
-
Apa yang harus dilakukan oleh
orang yang beriman kepada malaikat?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan
makna dan contoh perilaku beriman
kepada Malaikat.
-
Guru mengamati perilaku beriman kepada Malaikat melalui lembar
pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku beriman
kepada Malaikat di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang makna beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang beriman kepada malaikat-malaikat Allah SWT.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku yang
mencerminkan kesadaran beriman kepada Malaikat-malaikat Allah SWT)
·
Observasi
- Peserta
didik melakukan pengamatan terhadap
perilaku menghayati nilai-nilai keimanan kepada
Malaikat-malaikat Allah SWT melalui lembar pengamatan di
lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna beriman
kepada malaikat;
-
Membuat
paparan analisis tentang perilaku orang-orang yang beriman kepada malaikat.
·
Tes tulis
- Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
tentang iman kepada malaikat.
· Tes
lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
tentang perilaku orang-orang yang beriman
kepada malaikat.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.7
Memahami Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait
tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama.
4.5 Menceritakan tokoh-tokoh teladan dalam semangat mencari
ilmu
|
5.
Semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang Q.S. At-Taubah (9) : 122 dan
hadits terkait tentang semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan
nya kepada sesama
- Meyimak
penjelasan materi di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa harus menuntut ilmu?
-
Bagaimana cara menyampaikan
ilmu kepada sesama?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan
makna dan contoh semangat menuntut ilmu,
menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait.
-
Guru mengamati perilaku contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyaampaikannya kepada sesama
melalui lembar pengamatan di sekolah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku semangat menuntut
ilmu, menerapkan dan
menyaampaikannya kepada sesama di rumah.
· Mengasosiasi
Membuat
kesimpulan tentang semangat menuntut ilmu dan
menyampaikannya kepada sesama.
·
Mengkomunikasikan
Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang semangat menuntut
ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
·
Tugas
Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang semangat
menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikan nya kepada sesama)
·
Observasi
- Peserta
didik melakukan pengamatan terhadap
perilaku semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama sebagai implementasi pemahaman kandungan Q.S. at-Taubah (9) : 122 dan hadits terkait melalui
lembar pengamatan di lingkungan sekolah, rumah maupun masyarakat.
·
Portofolio
-
Melaporkan hasil obervasi berupa paparan tentang makna dan
contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan
menyampaikannya kepada sesama;
-
Membuat
paparan analisis tentang makna dan contoh semangat menuntut ilmu, menerapkan dan menyampaikannya kepada sesama.
·
Tes tulis
- Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
tentang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
· Tes
lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
tentang perilaku orang-orang yang semangat menuntut ilmu dan menyampaikannya kepada sesama.
|
3x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran
dan Al-Hadits
· Kitab
tafsir Al-Qur’an
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.8 Memahami
kedudukan Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
4.6 Menyajikan
macam-macam sumber hukum Islam.
|
6. Sumber Hukum Islam
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang kedudukan al-Quran, al-Hadits, dan Ijtihad sebagai
sumber hukum Islam
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi stimulus
agar peserta didik bertanya)
- Mengapa Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
?
-
Apa yang anda pahami tenang Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad ?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Peserta
didik mendiskusikan makna Al-Quran, Hadits, dan
Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
- Guru
mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran,
Hadits, dan Ijtihad sebagai sumber hukum Islam
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku berpegang teguh kepada Al-Quran, Hadits, dan Ijtihad di rumah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan tentang sumber hukum Islam.
·
Mengkomunikasikan:
-
Mempresentasikan /menyampaikan
hasil diskusi tentang sumber hukum Islam.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang perilaku berpegang
teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
- Mengamati
perilaku orang-orang yang berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan
Ijtihad
·
Portofolio
-
Membuat paparan tentang
kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits, dan ijtihad sebagai sumber hukum
Islam.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang kedudukan dan fungsi al-Qur’an, al-Hadits,
dan ijtihad sebagai sumber hukum Islam.
· Tes
lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
perilaku berpegang teguh kepada al-Qur’an, al-Hadits dan Ijtihad serta
menganalisis dan menanggapinya.
|
4x3
jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Al-Quran
dan Al-Hadits
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.9 Memahami
pengelolaan wakaf.
4.7.1 Menyajikan
dalil tentang ketentuan waqaf.
4.7.2 Menyajikan
pengelolaan wakaf.
|
7.
Pengelolaan wakaf
|
·
Mengamati
-
Mencermati bacaan teks tentang
pengertian, ketentuan dan hal-hal yang berkaitan dengan pengelolaan wakaf.
-
Meyimak penjelasan materi di
atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
· Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Mengapa waqaf haarus dikelola?
-
Bagaimana cara mengelola wakaf?
· Mengumpulkan
data/eksplorasi
-
Peserta didik mendiskusikan
makna dan ketentuan wakaf serta pengeloalaannya.
·
Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi
pengelolaan wakaf.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan
hasil diskusi tentang materi pengelolaan
wakaf.
|
·
Tugas
-
Mengumpulkan data (gambar,
berita, artikel tentang pengelolaan
wakaf).
·
Observasi
-
Mengamati pelaksanaan diskusi
dengan menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat
diskusi.
-
Mengamati pengelolaan wakaf.
·
Portofolio
-
Membuat paparan dan
menganalisis tentang pengelolaan
wakaf.
·
Tes tulis
-
Tes kemampuan kognitif dengan
menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian tentang ketentuan dan pengelolaan wakaf.
·
Tes lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
tentang pengelolaan wakaf.
|
2x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3.10.1 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di Mekah.
4.8.1 Mendeskripsikan substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
8.
Meneladani Perjuangan Rasulullah
SAW di Mekah
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah
di Mekah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah
di Mekah?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Peserta
didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
- Guru
mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam kehidupan
sehari-hari.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku tangguh dan semangat menegakkan kebenaran dalam
kehidupan sehari-hari di rumah.
· Mengasosiasi
- Membuat
kesimpulan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
·
Mengkomunikasikan
- Mempresentasikan
/menyampaikan hasil diskusi tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Mekah.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW ).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang
yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai
implementasi dari pemahaman tentang strategi
dakwah Rasulullah
SAW di Mekah.
·
Portofolio
- Membuat
paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Mekah.
- Membuat
paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran.
·
Tes tulis
- Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di
Mekah.
· Tes
lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap tangguh dan semangat menegakkan kebenaran sebagai implementasi dari
pemahaman tentang
strategi dakwah Rasulullah SAW di Mekah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
3-9 Memahami
substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di Madinah.
4-5
Mendeskripsikan substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
9.
Meneladani Perjuangan
Rasulullah SAW di Madinah
|
·
Mengamati
- Mencermati
bacaan teks tentang substansi dan strategi
dakwah Rasullullah SAW di Madinah
- Meyimak
penjelasan materi tersebut di atas melalui tayangan vidio atau media lainnya.
·
Menanya (memberi
stimulus agar peserta didik bertanya)
-
Apa substansi dakwah Rasulullah
di Madinah?
-
Apa strategi dakwah Rasulullah
di Madinah?
·
Mengumpulkan
data/eksplorasi
- Peserta
didik mendiskusikan substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah.
- Guru
mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman
strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
-
Guru berkolaborasi dengan orang
tua untuk mengamati perilaku semangat ukhuwah sebagai implementasi dari
pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
· Mengasosiasi
-
Membuat kesimpulan materi substansi dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
·
Mengkomunikasikan
-
Mempresentasikan /menyampaikan
hasil diskusi tentang materi substansi dan
strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah.
|
·
Tugas
- Mengumpulkan
data (gambar, berita, artikel tentang substansi
dan strategi dakwah Rasullullah SAW di Madinah ).
·
Observasi
- Mengamati
pelaksanaan diskusi dengan
menggunakan lembar observasi yang memuat isi diskusi dan sikap saat diskusi.
-
Mengamati perilaku orang-orang
yang memiliki semangat ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi
dakwah Rasulullah SAW di Madinah.
·
Portofolio
- Membuat
paparan tentang substansi dan strategi dakwah
Rasullullah SAW di Madinah;
- Membuat
paparan tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
·
Tes tulis
- Tes
kemampuan kognitif dengan menjawab soal-soal pilihan ganda dan uraian
tentang substansi dan strategi dakwah Rasullullah
SAW di
Madinah.
· Tes
lisan
-
Memaparkan hasil pengamatan
tentang perilaku orang-orang yang memiliki sikap semangat
ukhuwah sebagai implementasi dari pemahaman strategi dakwah Rasulullah SAW di
Madinah.
|
4x3
Jam pelajaran
|
· Buku
PAI Kls X Kemdikbud
· Buku
lain yang menunjang
·
Multimedia interaktif dan Internet
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar